15+ Alat Musik Jawa Timur Penjelasan, Asal Usul dan Gambar [Lengkap]

alat musik tradisional jawa timur

Alat Musik Jawa Timur – Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam budaya dan seni. Hal ini dipengaruhi oleh keberagaman suku dan etnis. Musik di Indonesia mempunyai berbagai variasi alat musik tradisional.

Daerah Jawa Timur ini tidak hanya mempunyai alat musik trdisional bahkan ada rumah adat Jawa Timur, tarian adat, dan pakaian adat.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki adat istiadat yang heterogen. Untuk kali ini saya akan membahas tentang alat musik Jawa Timur.

Seni dan Budaya Jawa Timur

Jawa Timur mempunyai seni pementasan yang terkenal yakni ludruk dan ketoprak. Untuk seni tari, Jawa Timur mempunyai bermacam-macam tarian yang populer salah satunya adalah tarian Reog Ponorogo.

Untuk seni musik, Jawa Timur juga mempunyai berbagai jenis alat musik tradisional yang lazimnya dipakai menemani seni pertunjukan dan seni tari daerah.

Perkembangan Seni Musik di Jawa Timur

penjelsan alat musik jawa timur dan asal usulnya

Jawa Timur juga mempunyai musik tradisional untuk meramaikan musik nusantara. Seni musik di Jawa Timur juga mempunyai perkembangan seiring dengan waktu berjalan.

Pada masa sebelum Hindu Budha, musik yang diterapkan oleh masyarakat Jawa Timur memakai bunyi-bunyian dari alam. Lazimnya, alat musik yang diterapkan berfungsi untuk pengiring acara keagamaan.

Pada masa sesudah Hindu Budha alat musik tradisional fungsinya sudah mulai berkembang. Yang mulanya cuma untuk acara keagamaan, bertambah fungsinya untuk hiburan di dalam kerajaan. Alat musik yang berkembang adalah gamelan yang memiliki 5 golongan.

Pada sesudah masuknya islam, membikin alat musik Jawa Timur juga mulai beragam, karena dampak kebiasaan Arab. Umpamanya alat musik yang di tabuh. Lalu saat masuknya kultur Eropa saat penjajahan, alat musik Jawa Timur juga mengalami perkembangan.

Macam-Macam Alat Musik Jawa Timur

ulasan alat musik tradisional jawa timur

Setelah mengenal beraneka penjelasan seni dan adat istiadat yang dimiliki Jawa Timur, pasti sudah memiliki gambaran  bagaimana dampaknya bermacam unsur yang memberi pengaruh perkembangan seni musik Jawa Timur.

Berikut ini penjelasan macam-macam alat musik Jawa Timur yang harus kalian ketahui.

1. Alat Musik Kenong

ulasan alat musik jawa timur kenong

Kenong merupakan alat musik Jawa Timur yang biasa mengiringi pertunjukan seni tari Reog Ponorogo. Bentuk dari kenong seperti gong kecil. Sistem memainkannya yaitu dengan cara dipukul dengan alat khusus.

Instrumen kenong dipergunakan untuk memperkuat nada. Kenong sendiri mempunyai dua macam yaitu kenong besar dan kenong kecil. Kedua variasi dimainkan beriringan untuk mengiringi seni pertunjukan.

2. Alat Musik Bonang

ulasan Alat Musik Tradisional Jawa Timur Bonang

Alat musik satu ini tak hanya berkembang di Jawa Barat dan Jawa Tengah saja. Jawa Timur juga turut mempunyai alat musik ini. Metode menerapkan alat musik ini merupakan memukul komponen yang tampak pada bonang. Bagian yang nampak pad bonang ini disebut pencon. Untuk alat pemukul bonang ini disebut bindhi.

3. Alat Musik Angklung Caruk

penjelasan alat musik angklung caruk

Alat musik ini berkembang di tempat Banyuwangi. Sama Seperti angklung yang sudah populer, bahan dasar dari angklung ini yaitu bambu. Harmonisasi dari alat musik ini digunakan untuk suasana kompetisi. Biasanya memerlukan dua golongan angklung yang nantinya adu kepiawaian.

4.  Alat Musik Ul Dhaul

penjelasan alat musik ul dhaul

Alat musik ini berasal dari Madura. Lahirnya alat musik ini berada di Sumenep. Sistem menerapkan alat musik ini di tabuh. Ul dhaul ialah alat musik perkusi etnis khas Jawa Timur. Alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi seni tari atau pertunjukan di Madura dan sekitarnya.

5. Alat Musik Angklung Reyog

ulasan Alat Musik Tradisional Jawa Timur Angklung Reog

Alat musik ini biasa dipakai untuk mengiringi kesenian tari Reyog Ponorogo. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan menggoyangkan tabung bambu sampai menggelarkan bunyi. Bahan bambu yang digunakan untuk membikin angklung ini juga pilihan dari bambu yag dapat mengeluarkan bunyi keras. Perbedaan dari angklung lainnya yakni angklung reyog lebih berwarna. Angklung reyog juga memiliki bunyi yang keras.

6. Alat Musik Kethuk Estri

ulasan tentang alat musik kethuk estri

Alat musik kethuk estri ini bentuknya sama dengan gong. Jumlah alat musik dari kethuk estri ini ada dua buah. Cara menggunakan alat musik ini adalah dipukul pada tonjolannya. Bahan utama dari alat musik ini adalah logam. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini rendah.

7. Alat Musik Gendhang Banyuwangi

informasi alat musik gendang banyuwangi Jawa timur

Banyuwangi tenar akan seni musiknya. Sampai, alat musik gendang mempunyai variasi tersendiri di daerah Banyuwangi. Gendang Banyuwangi ini umum diaplikasikan untuk mengiring seni musik atau tarian khas Banyuwangian. Untuk menabuh alat musik Jawa Timur ini, harus mempunyai keahlian khusus

8. Alat Musik Selompret

alat musik selompret dan pemjelasannya

Alat musik ini dipengaruhi oleh kultur Eropa yakni terompet. Cara penerapannya juga sama adlaah dengan cara ditiup. Umunnya alat musik ini dipakai untuk mengiringi seni tari di daerah Banyuwangi.

9. Alat Musik Saronen

ulasan tentang alat musik saronen

Alat musik Jawa Timur ini berasal dari Madura. Panjang dari alat musik ini ialah 40 cm. Cara menggunakan alat musik ini ditiup seperti seruling. Saronen mempunyai tujuh buah lubang. Enam lubang berderetan didepan dan satu lubang berderetan di belakang. Saronen menjadikan bunyi yang keras dan nyaring.

10. Alat Musik Suling Bambu

ulasan alat musik jawa timur suling bambu

Alat musik ini cara memainkannya yaitu ditiup. Mempunyai enam lubang didepan dan satu lubang di belakang. Untuk memainkan alat musik ini membutuhkan teknik khusus untuk mencapai nada-nada tertentu. Bunyi yang dihasilkan dari suling bambu juga khas dari pada suling sintetis.

11. Alat Musik Kluncing

info tentang alat musik jawa timur kluncing

Kluncing merupakan alat musik Jawa Timur yang bentuknya seperti alat musik triangel. Hal ini diberi pengaruh oleh masuknya adat istiadat Eropa. Alat musik kluncing ini dihasilkan dari logam. Cara membunyikan alat musik ini tinggal dipukul dengan alat pemukul khusus kluncing.

12. Alat Musik Kempul

Alat musik Kendang kempul dan penjelasannya

Alat musik ini bentuknya hampir sama dengan gendang. Bedanya kempul mempunyai suara lebih berat dari pada gendang. Kempul terbuat dari kayu dan komponen tabuhannya dari kulit binatang. Sistem memainkan alat musik ini ialah memukul membran kulit binatang. Instrumen yang dibuat tergantung dari kepiawaian pemain dalam menabuh kempul.

13. Alat Musik Kethuk Jaler

Alat musik ini masih satu kerabat dengan alat musik Jawa Timur ketuk estri. Perbedaan dari kedua alat musik ini yaitu bunyi yang dijadikan. Bunyi alat musik kethuk jaler lebih tinggi satu kwint diperbandingkan dengan alat musik kethuk estri.

14. Alat Musik Terompet Reyog

penjelasan Alat Musik Tradisional Jawa Timur Terompet Reog

Alat musik ini umum diterapkan untuk mengiringi seni tari reyog Ponorogo. Cara memainkan alat musik ini sama dengan terompet pada biasanya ialah ditiup. Melainkan, suara yang dihasilkan oleh alat musik ini khas.

15. Alat Musik Tong-Tong

info tentang Alat Musik Tradisional Jawa TimurTong Tong

Alat musik ini juga berasal dari Madura. Pada umumnya, alat musik ini umum dipakai masyarakat untuk menjalankan pengamanan di pos kamling. Awam juga disebut kentongan. Tong-tong dibagi menjadi tiga kategori adalah tong-tong bunyi tinggi, tong-tong suara sedang dan tong-tong bunyi rendah. Alat musik ini dimainkan pada acara karapan sapi dan sapi sono.

Mungkin itu saja pembahasan dari alat musik tradisional jawa timur, jika ada yang kurang jelas silhakn tulis dikolom komentar di bawah. Apabila dari kalian ada yang mau menambahkan silahkan bisa tulis dikolom komentar atau lansung kirim di email ada di kontak.

Terus ikut website kami dengan berbagai informasi yang layak dibaca dan bisa di terapkan ke adek adek yang belu mengetahui tentang generasi budaya Indonesia. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *