23+ Macam Makanan Khas Madura Yang Wajib Kalian Ketahui [Lengkap]

23+ Macam Makanan Khas Madura Yang Wajib Kalian Ketahui [Lengkap]

Jika kalian pernah berkunjung atau mampir disalah satu kuliner Madura, pasti kalian pernah merasakan salah satu dari sekian banyaknya sajian kuliner makanan khas madura ini.

Makanan apa yang pernah kalian rasakan di kuliner khas Madura ini? Apa ada disalah satu kuliner yang populer dibawah ini? Mari kita baca macam-macam makanan khas Madura yang akan kita bahas.

Beberapa daerah di Madura yang populer akan kekayaan kulinernya yang diantaranya ialah Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep.

Kalian harus tau, bukan hanya tempat wisata saja yang kalian datangi ketika ke Madura, tentunya kalian harus berburu juga tentang kuliner yang ada di Madura ini. Nah berikut adalah ulasan tentang makanan yang ada di Madura.

1. Sate Bumbu Madura

mnakanan sate bumbu madura

Nah yang pertama adalah sate bumbu madura, siapa yang dari kalian masih belum mengenal sate Madura?

Meskipun selain di daerah Madura namun sate madura ini sudah populer di daerahnya masing-masig dan ternyata penjualnya mayoritas orang madura juga benar?

Hampir dari semua masyarakat Indonesia sudah mengetahui sate bumbu Madura. Karena mayoritas orang Madura banyak yang merantau ke kota atau daerah lain untuk jualan sate. Memang bumbu sate Madura in sangatlah populer keseluruh Negeri dan rasanya pun juga sangatlah enak.

Apalagi kalian berkunjung langsung ke Madura, karena kita kalau ingin tau yang sebenarnya tidak ada salahnya kalau kita langsung ke daerahnya langsung. Tentunya cita rasanya akan sangatlah berbeda akan lebih enak dibandingkan yang dijual di daerah lain.

2. Rujak Cingur

makanan khas madura rujak cingur

Makanan khas Madura ini sudah populer dikalangan banyak orang. Karena makanan yang satu ini tidak hanya dijual didalam daerah Madura saja, namun rujak cingur ini juga dijual di diluar daerah Madura.

Cingur diambil dari bahasa madura yang mempunyai makna hidung sapi. Jika dari kalian masih belum pernah merasakan rujak cingur, Kalian harus mencobanya karena dari segi rasanya sudah sangat enak membuat ketagihan, apalagi kalian yang sedang berkunjung ke daerah Madura.

3. Lorjuk

makanan lorjuk khas madura

Makan khas Madura yang satu ini yang bernama lorjuk terbuat dari sejenis kerang laut yang dibuat seperti soto. Cara penyajiannya yaitu dengan menggunakan lontong, yang dicampur dengan kacang remukan peyek, mie soun dan dicampur dengan lorjuk yang sudah diberi kuah.

Bila kalian berwisata ke daerah Madura sebaiknya kalian mencoba makanan khas yang satu ini, selain dari rasanya yang begitu nikmat, harganya pun sangat terjangkau.

4. Topak Ladeh Bangkalan

makanan khas madura bangkalan topak ladeh

Makanam khas Selanjutnya yaitu topak ladeh khas Bangkalan yang disajikan dengan kuah santan yang sangat kental. Topak ladeh ini bisanya disajikan bersamaan dengan kutupat atau dengan lontong. Topak bahasa dari Madura yang artinya ketupat. Bila kalian berkunjung ke kuliner bangkalan jangan lupa untuk mencicipi masakan topak ladeh ini.

5. Bebek Songkem

makanan khas madura bebek songkem

Makanan khas Madura yang sekian kali ini yang berasal dari Sampang tidak kalah populernya dengan olahan bebek sinjai. Rasanya pun sangat berbeda dengan masakan bebek sinjai.

Bebek songkem khas Madura ini terbuat dari bebek yang diberi bumbu rempah halus khas Madurayang dikukus dan dibungkus daun pisang selama kurang lebih tiga jam. Sehingga bumbu rempahnya meresap hingga ketulang-tulangnya.

6. Otok

makanan khas madura kacang otok

Makan khas Madura yang satu ini adalah Otok yang merupakan oleh-oleh khas Madura yang dibuat dari biji kacang panjang. Biji kacang tersebut diolah dengan bumbu khusus untuk menghasilkan sajian kuliner berupa camilan yang mempunyai varian rasa guruh, asin, dan pedas.

7. Soto Madura

makanan khas soto madura

Makanan khas Madura yang satu ini sudah sangat populer ke daerah seluruh Indonesia. dari sekian banyaknya soto Madura di daerah lain soto Madura yang enak yaitu soto yang berada di Madura. berikut ini adalh bahan-bahan sajian soto Madura terdapat daging sapi atau ayam suwir, kentang yang telah direbus, telur, sereh, daun seledri, daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis.

8. Tajin Sobih Bangkalan

makanan khas tajin sobih madura bangkalan

Makanan khas Madura yang satu ini resepnya hampir sama dengan resep bubur pada umumnya. Namun tentu saja resep bahan utama membuat tajin sobih bangkalan berbeda dengan bubur lainnya.

Makanan khas tajin sobih bangkalan ini menggunakan gula merah yang dicairkan untuk menambahkan rasa manis dari sajian tajin sobih tersebut.

9. Nasi Jagung

makanan khas madura nasi jagung

Makanan yang kali ini sudah tidaklah asing dimata kalian kemungkin dari kalian sudah sudah mengenalnya. Nasi jagung khas Madura ini sangat baik bagi orang yang memiliki penyakit diabetes.

Kenapa? Karena kandungan nasi yang dicampur degan jagung ini akan mengurangi jumlah glukosa yang berada didalam makanan. Resep yang paling cocok untuk dijadikan hidangan bersama nasi jagung ini adalah tempe, peyek, sayur sop dan juga sambel goreng.

10. Kue Olet

makanan khas madura kue olet

Kue olet, apa kalian mengenalnya? Kue oleh adalah kue khas kabupaten Sumenep Madura. Kue ini jarang sekali ditemukan di daerah lain, sehingga orang-orang jarang dan bahkan belum pernah mencoba rasanya kue olet.

Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan tangguli, ketan hitam, dan kelapa. Apabila anda berwisata atau berkunjung ke kabupaten sumenep Madura kalian harus mencoba kue ini, tidak salahkan kalau mencobanya. selain dengan rasanya yang enak, harganya pun sangatlah terjangkau bagi masyarakat, dan kue ini sangat mudah ditemui di daerah sumenep.

11. Rujak Selingkuh

makanan khas madura rujak selingkuh

Makanan khas yang satu ini sangatlah unik dan membuat orang bingung yang belum pernah mendengarkannya. Namanya yaitu rujak selingkuh, hehe seperti orang saja selingkuh, makanan pun juga bisa selingkuh.

Rujak ini sebenarnya sama saja seperti rujak yang lainnya. Namun rujak selingkuh ini tetap ada pembedaan dengan rujak yang lainnya yang membuat cita rasanya lebih gurih. Yang membedakan rujak selingkuh ini ialah pada campuran kuah soto babat yang ditambahkan disajian rujak tersebut dan juga ada tambahan singkong yang dikukus.

12. Kaldu kokot

makanan khas madura kaldu kokot

Makanan khas Madura kaldu kokot ini sangatlah terkenal di daerahnya. Jika kalian biasanya memakan sop yang berkuah segar, nah hal ini tentunya berbalik dengan kaldu kokot khas Madura yang malah kuahnya sangat kental.

Kuah dari kaldo kokot ini terbuat dari kacang hijau yang dicampurkan dengan bumbu rempah yang telah ditambahkan dengan kikil sapi.

Kalian apa pernah merasakan makan khas yang satu ini?

Mungkin terdengar aneh apabila kacang hijau dibuat kuah sop, namun perpaduan dengan bumbu rempah dan potongan kikil ini membuat cita rasa yang sangat menggugah selera.

13. Kaldu Kaskus

makanan khas madura kaldu kaskus

Banyak sekali macam-macam kuliner yang ada di Madura namun tidak pernah lepas dari olahan sapi. Salah satunya yaitu kaldu kaskus makanan khas madura. Masakan ini tidak jauh berbeda dengan masakan dan hampir sama dengan gulai.

Perbedaan dengan gulai yang lain ialah dari otok kaki sapi. Tidak cuma itu saja, makanan karbohidrat ini pendampingnya pun tidak nasi, namun sepiring ubi yang dibuat seperti lontong. Makanan khas Madura ini biasanya dijual diwarung-warung pinggir jalan di kota Madura.

14. Soto Sabrang

makanan khas madura soto sabrang

Soto ini bisa dibilang sangat unik bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau Madura. Sabrang yang bermakna singkong. Soto sabrang ialah mencampurkan singkong ke dalam makanan kuah soto.

Tidak cuma itu saja dari keunikan soto sabrang. Sajian masakan soto sabrang ini juga menambahkan kacang hijau sebagai pelengkap cita rasa.

15. Keripik Singkong

makanan khas madura keripik singkong

Singkong ini menjadi makan khas yang banyak ditemukan di daerah Madura. Selain itu, karena orang Madura tidak menanam nasi, tanah di Madura sangat gersang sehingga cuma bisa ditanami dengan tanaman yang tidak membutuhkan tanah yang subur serta banyak air. Salah satu olahan dari simgkong tersebut adalah keripik singkong yang merupakan makanan ringan yang khas dari Madura.

16. Keripik Paru

makanan khas madura kripik paru sapi

Nah kalau sekarag ini makanan khas Madura yang sering dibuat oleh-oleh bagi para wisatawan dan makanan ini sudah sangat terkenal di daerah lain. Biasanya keripik ini sudah bisa dikatan wajib buat oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke pulau Madura.

17. Soto Mata Sapi

makanan khas madura soto mata sapi

Mungkin dari kalangan luar Madura makanan ini jarang kita dengar bahkan juga terlihat mengerikan, karena yang membuat mengerikan, pada penyajiannya menggunakan mata sapi yang sangat utuh beserta tulang belulangnya.

Sehingga jika disajikan maka akan terlihat seperti ingin memakan kepala sapi. kalau kalian ingin merasakan kuliner yang satu ini, coba kalian langsung datang ke pulau Madura, lebih tepatnya di daerah bangkalan.

18. Nasi Petis

makanan khas madura nasi petis

Nasi petis yang berasal dari Madura ini adalah nasi putih yang ditambahi dengan telur petis. Biasanya nasi petis ini ditambahkan dengan lauk seperti empal goreng, semur daging sapi, paru goreng, dan yang paling inti yaitu sambal yang membuat rasa nasi petis Madura menjadi lebih nikmat.

19. Sate Lalat Pamekasan

makanan khas madura sate lalat pamekasan

Sate Madura yang khas dari pamekasan ini adalah sate lalat. Kenapa kok namanya sate lalat apa dari kalian ada yang tau? apa juga ada yang pernah merasakan sate ini?

Dinamakan sate lalat karena sate lalat ini disajikan dalam bentuk potongannya yang sangat kecil sehingga menyerupai lalat. Maka dari sate ini dinamakan sate lalat. Sari segi rasanya, sate lalat ini sama saja dengan rasa sate madura biasanya.

20. Bebek Sinjai

makanan khas madura bebek sinjai

makanan khas Madura ini adalah salah satu makan an yang menjadi incaran pecinta kuliner yang singgah ke pulau daerah Madura. Bebek sinjai sudah sangat populer ke daerah lain, bahkan warga daerah lain seperti surabaya sering sekali pergi ke Madura hanya untuk makan bebek sinjai ini.

Jadi untuk kalian jangan sampai ketinggalan juga dengan kuliner yang satu ini, dan apalagi kalau kalian suka dengan olahan makan an bebek akan menjadi makin nikmat.

21. Nase’ Jhajhan

makanan khas madura nase jhajhan

Jika dari kalian berwisata ke pulau Madura silahkan mampir ke kabupaten pamekasan. Di kabupaten ini terdapat makanan khas yaitu nase jhajhan dari kata nase yang berarti nasi. Makanan ini menggunakan daun pisang untuk menjadi bungkus sehingga rasa dan aroma lauk yang ada didalam daun tersebut sangat terasa.

Tidak jauh lagi apa yang menjadikan khas dari pulau madura ini yaitu lauknya terdiri dari masakan khas daerah pamekasan yaitu olahan daging sapi.

22. Nasi Goreng Potre Koneng

makanan khas madura nasi goreng potre koneng

Nasi goreng khas daerah Madura ini berbeda dengan nasi goreng daerah lainnya. Perbedaan dari nasi goreng potre koneng ini terletak pada bumbu pelengkap masakan dan juga lauk dari nasi goreng tersebut. Nasi goreng potre koneng ditambahkan dengan abon dan ikan teri yang menjadi pengganti krupuk seperti kebanyakan nasi goreng lainnya.

23. Kue Apem Madura

makanan khas madura kue apem

Kue apem khas dari Madura ini terbuat dari gula merah, kayu manis dan juga jahe yang akhirnya menjadi kue apem. Makanan kue apem Madura ini telah dipercayai dapat membuat badan menjadi lebih segar dalam beraktifitas seharian. karena didalam adonan kue apem ini ada kandungan kayu manis dan jahe yang bisa menghangatkan badan.

Mungkin sekian ulasan makanan khas Madura jika kalian pernah merasakan makanan khas yang ada diulasan diatas silahkan komentar dibawah. Bagi kalian yang belum pernah ayo silahkan berwisata di daerah Madura telusuri semua makanan khasnya. Terimakasih.

zainal abidin

Uang Bilang Dapatkan Aku Lupakan Segalanya. Waktu Bilang Ikuti Aku Lupakan Segalanya. Masa Depan Bilang Perjuangkan Aku Lupakan Segalanya. Allah Bilang Dekati Aku Kuberikan Segalanya.

Leave a Reply