10+ Menu Buka Puasa Sehat Untuk Yang Sedang Diet [Wajib di Ketahui]

ulasan makanan sehat untuk diet yang wajib kalian ketahui

Menu Buka Puasa Untuk Diet – Kecuali menyehatkan badan, puasa Ramadhon bisa menjadi peristiwa yang tepat untuk diet. Pasalnya, Anda tentu akan lebih gampang menahan hasrat makan dan minum selama berpuasa. Melainkan hati-hati, usaha ini dapat jadi gagal sekiranya Anda tidak menjaga asupan makanan saat buka puasa nanti.

Kebingungan mesti menyiapkan menu buka puasa apa yang aman dan sehat untuk diet? Di sini Anda akan mendapat menu-menu berbuka yang sehat untuk diet. Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Opsi Menu Buka Puasa Untuk Anda Yang Sedang Diet

Setelah seharian berpuasa Ramadhan, hampir sebagian besar orang termakan untuk makan banyak dikala waktu berbuka tiba. Bagi Anda yang sedang diet, Anda perlu waspada. Makan terlalu banyak ketika buka puasa bisa menyebabkan berat badan naik dan menggagalkan usaha diet Anda.

Kecuali memegang asupan makanan, memilih menu buka puasa yang pas juga dapat menolong menyukseskan diet Anda di bulan Ramadhan. Berikut inspirasi menu buka puasa sehat dan aman untuk diet, di antaranya:

1. Kurma 3 Buah

kurma makanan yang sehat untuk diet

Kurma yakni buah khas bulan Ramadhon dan paling kerap kali dipersembahkan sebagai menu buka puasa. Bagi Anda yang sedang diet, Anda boleh membatalkan puasa dengan makan kurma.

Satu buah kurma mengandung 1 sendok teh gula, 20 kalori, 5,3 gram karbohidrat, dan serat. Kandungan serat pada kurma bisa membantu menghambat sinyal lapar dalam tubuh, sehingga Anda akan kembung lebih lama dikala buka puasa.

Bahkan menurut sebuah penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2009, makanan kaya serat bisa membikin berat badan Anda cepat turun. Melainkan, ini bukan berarti Anda boleh makan banyak kurma dikala buka puasa demi menurunkan berat badan.

Segala sesuatu yang berlebihan telah pasti tidak baik. Ingat, kurma mengandung tinggi kalori dan gula sehingga sekiranya dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan memicu diabetes.

Ketika menyiapkan menu buka puasa, cukup sediakan 3 buah kurma saja. Berbuka dengan makan 3 kurma saja sudah mampu mengembalikan kekuatan Anda selama berpuasa Ramadhon. Anda bahkan akan merasa kekenyangan lebih lama sehingga mampu membendung diri dari kalap makan.

2. Salad Buah

salad buah menu buka puasa untuk diet

Sedang mencari menu buka puasa yang rasanya manis, melainkan juga aman bagi orang sedang diet?..

Yuk!! Coba sajikan semangkuk saja salad buah..

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition, orang yang mengonsumsi banyak buah tiap-tiap hari berisiko rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Buah juga mengandung kaya serat yang bisa membikin Anda begah lebih lama.

Cuma dengan makan salad buah dikala berbuka, Anda akan lebih mampu mengendalikan nafsu makan. Akibatnya, berat badan Anda malahan tak kencang naik saat puasa Ramadhon.

BacaMakanan Khas Yang Populer

3. Telur Dadar Bayam

Telur dadar bayam makanan sehat untuk diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan selama di bulan Ramadhan, cobalah perbanyak asupan protein di dalam menu buka puasa Anda. Nah, salah satu sumber protein yang semestinya Anda coba ialah telur.

Hal ini dikarenakan protein mampu meningkatkan rasa kembung dengan sistem mengatur hormon lapar dan nafsu makan. Jadi, Anda akan lebih mampu membendung diri dari kalap makan ketika buka puasa.

Anda bisa mengolah telor ke dalam beragam sajian masakan, entah itu didadar, diceplok, atau orak-arik. Agar menu buka puasa Anda hari ini jadi lebih sehat, tambahkan bayam rebus untuk menambah cita rasa masakan.

4. Nasi Merah

manfaat nasi merah makanan untuk diet

Orang yang sedang diet tentu telah sangat akrab dengan nasi merah. Nah, Anda juga dapat mempersembahkan nasi merah sebagai menu buka puasa hari ini.

Ketimbang nasi putih, nasi merah memang menjadi pilihan pas untuk diet karena mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit kalori. Berbuka puasa dengan nasi merah akan membikin Anda lebih cepat begah dan tak makan berlebihan.

Walaupun kalorinya lebih sedikit, bukan berarti Anda dapat kencang langsing hanya dengan makan nasi merah saja, ya! Konsisten seimbangi dengan olahraga untuk membakar lebih banyak kalori tubuh sehingga berat badan Anda lebih pesat turun.

5. Sup Ayam Makaroni

ulasan makanan untuk diet sup ayam makaroni

Banyak orang menduga bahwa daging ayam tidak bagus dikonsumsi saat diet sebab kandungan lemaknya tinggi. Justru, ayam menyediakan protein yang bisa membantu menurunkan berat badan, percaya gak!..

Protein adalah salah satu gizi penting bagi tubuh. Berbuka puasa dengan makanan tinggi protein dikenal dapat membakar 80-100 kalori tiap-tiap hari.

Anda bisa mengolah daging ayam ke bermacam-macam sajian makanan, salah satunya sup ayam. Selain membantu mendongkrak daya tubuh, sup ayam juga dapat memenuhi kebutuhan cairan yang hilang selama puasa Ramadhan.

Agar lebih sehat dan lezat, tambahkan potongan wortel ke dalam sup ayam buatan Anda. Berikan juga sebagian gram makaroni untuk menambah asupan karbohidrat di dalamnya.

6. Yogurt

yogurt sebagai makanan sehat untuk diet

Yogurt dapat menjadi salah satu menu buka puasa praktis dan sehat, terlebih bagi Anda yang sedang terjebak macet di jalan. Menariknya lagi, yogurt juga termasuk makanan terbaik untuk diet.

Yogurt mengandung kaya probiotik atau kuman bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kecuali itu, probiotik juga dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh, sehingga Anda jadi tak mudah sakit saat puasa Ramadhan.

Hati-hati saat memilih ragam yogurt untuk menu buka puasa Anda hari ini. Pasalnya, sebagian macam yogurt mengandung gula berlebih sehingga tentunya tidak aman untuk diet.

Dari sekian banyak macam yogurt yang ada di pasaran, pilihlah yogurt tanpa rasa alias tawar. Tambahkan sebagian potong buah-buahan guna menambah rasa manis alami, melainkan tetap aman untuk diet.

7. Kentang Tumbuk (Mashed Potato)

kentang tumbuk makanan sehat untuk diet

Nasi dan kentang termasuk sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Namun sekiranya diperhatikan dari segi nutrisinya, kentang mengandung jumlah kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih sedikit daripada nasi.

Untuk menurunkan berat badan ketika puasa, Anda perlu mengurangi jumlah asupan kalori secara bertahap. Dengan makan kentang ketika buka puasa, karenanya asupan kalori dan karbohidrat Anda akan lebih sedikit. Hal ini tentu bisa membantu menurunkan berat badan Anda secara bertahap.

Kandungan serat pada nasi dan kentang bahkan berbeda. Tiap-tiap 100 gram kentang mengandung 2,2 gram, walaupun nasi mengandung 0,4 gram serat. Tampak jelas bahwa kentang mengandung lebih banyak serat, sehingga bisa membikin Anda kekenyangan lebih lama.

Dengan semacam itu, Anda dapat mengatur nafsu makan dan berat badan dengan lebih baik daripada ketika makan nasi untuk buka puasa.

8. Jus Alpukat

jus alpukat menu makanan sehat untuk diet

Jus alpukat tak hanya dapat menjadi menu buka puasa yang menyegarkan, tapi juga mampu menurunkan berat badan Anda. Hal ini tentu menjadi informasi baik bagi Anda yang sedang diet.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, tipe lemak sehat yang aman bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering makan alpukat cenderung mempunyai BMI yang lebih rendah, penurunan berat badan lebih mudah, dan lingkar pinggang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang jarang makan alpukat.

9. Ikan Tuna Panggang

ikan tuna panggang menu makanan sehat untuk diet

Ikan tuna mengandung protein tinggi dan rendah kalori, sehingga layak untuk diet. Seperti yang sudah ditunjukkan sebelumnya, asupan tinggi kalori dapat membantu menurunkan berat badan Anda selama puasa Ramadhan.

Masak tuna dengan cara dipanggang agar lebih sehat dan tidak mengandung banyak minyak. Tambahkan dengan potongan wortel dan kentang rebus agar menu buka puasa Anda kali ini kian menggugah selera.

10. Roti Gandum

roti gandum makanan sehat untuk diet

Tak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa hari ini? Setangkup roti gandum bisa menjadi opsi yang ideal.

Dibandingkan jenis roti lainnya, roti gandum mengandung kalori lebih rendah, yakni 76 kalori. Kandungan seratnya malah 3 kali lebih banyak, sehingga bisa menolong Anda lebih pesat kembung dikala buka puasa.

Itulah 10 menu makananan berbuka puasa yang sehat untuk yang sedang diet. Apa dari kalian semua sudah melakukannya?

Yuk!! Kita coba dan mungkin kita bisa lebih sehat dan diet kita tidak karena masuknya penyakit. Semoga bermanfaat jangan lupa di share jika artikel ini bagus untuk dipraktekkan dan jika dari kalian ada yang mau disampaikan silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *