Pengertian Renang | Sejarah, Manfaat, Prinsip dan Gaya Renang [LENGKAP]

Pengertian Renang

Hai sobat, terima kasih telah mengunjungi web mikiroo. Apa saja yang kalian ketahui tentang renang? Nah, kali ini saya akan memberi informasi yang berkaitan dengan renang, apa saja itu?

Sebelum saya lanjutkan, apa dari kalian suka renang? Saya yakin dari kalian semuanya pasti suka renang. Namun kalian harus tau tentang gaya dalam berenang agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pengertian renang adalah salah satu cabang olahraga aquatik, upaya untuk menggerakkan semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Renang biasanya dilakukan tanpa ada bantuan perlengkapan apapun.

Renang adalah cabang olahraga yang menggunakan anggota tubuh yang paling utama yaitu bagian tangan dan kaki untuk bergerak di dalam air.

Berikut ini ada beberapa pendapat tentang pengertian renang menurut para ahli:

Pengertian Renang Menurut Para Ahli

Dalam pengertian berenang ternyata ada beberapa ahli yang menyimpulkannya, namun dalam artian sama. Kalian bisa memahami satu persatu atau menghafal yang mudah untuk dihafal:

1. Muhajir

Menurut Muhajir renang adalah olahraga yang menyehatkan, karna hampir dari semua otot tubuh kita bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat serta kekuatan perenang bertambah meningkat.

2. Budiningsih

Menurut Budiningsih renang adalah salah satu olahraga air yang melakukannya dengan menggerakkan badan di air. Seperti menggunakan tangan dan kaki hingga badan mengapung dipermukaan air.

3. Abdoelah

Menurut Abdoelah renang merupakan suatu jenis olahraga yang dilakukan di air, baik di air laut (asin) maupun air tawar.

4. Erlangga

Menurut Erlangga renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh, paru-paru, jantung dan menimbulkan perasaan berani.

Baca juga: Pengertian Sepak Bola

Sejarah Renang

sejarah renang

Pada tahun 1800 dimulailah perlombaan renang di Eropa. Sebagian besar dari perenang berenangnya memakai gay dada. Pada tahun 1873 John Athur Trudgen memperkenalkan sebuah gaya trudgen di perlombaan renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian.

Karena orang Inggris tidak suka terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sna ke mari, Trudgen menggantinya dengan gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Untuk renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada Tahun 1902 Richard Cavill memperkenalkan gaya renangnya gaya bebas.

Dibentuknya Ferderasi Renang Internasional pada tahun 1908. Pertamakali dikembangkan gaya renang yaitu gaya renang kupu-kupu pada tahun 1930-an. Pada awal mulanya gaya kupu-kupu merupakan varisi dari gaya dada sebelum dianggap esbagai gaya tersendiri pada tahun 1952.

Didirikannya perserikatan berenang Bandung (Bandungse Zwembond) di Hindia Belanda pada tahun 1917. Pada tahun 1927  didirikannya perserikatan berenang Jawa Barat (West Java Zwembond) dan juga perserikatan berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond).

Sejak itu perlombaan renang antar daerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

Manfaat Renang

manfaat renang

Olahraga renang ini selain menyehatkan juga mempunyai manfaat dalam renang. Menurut Budiningsih olahraga renang ada 5 manfaat, yaitu:

  1. Sebagai sarana bermain / rekreasi kolam renang dapat dijadikan sebagai sarana bermain dan rekreasi. Anak-anak dan balita akan menyukai permainan air.
  2. Menyehatkan badan dan dapat merangsang gerakan motorik, berolahraga renang dapat menyehatkan badan. Bagi anak-anak dan balita oto-ototnya akan berkembang, pesendian dapat tumbuh optimal, pertumbuhan badan jadi meningkat dan tubuh menjadi lentur.
  3. Dapat menghilangkan rasa takut terhadap air dengan berolahraga renang dapat menghilangkan rasa takut pada air. Hingga baiknya, mulai dari kecil sudah dibiasakan bermain air dan kelak jika sudah besar tidak tajut terhadap air.
  4. Meningkatkan keberanian, percaya serta mengasah kemandirian. Olahraga renang dapat mendorong kita tumbuh menjadi sosok permberani, mandiri, dan percaya diri tinggi.
  5. Meningkatkan kemampuan sosial olahraga renang yang dilakukan secara bersama-sama dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. Juga dapat meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dan bersosialisasi terhadap orang lain.

Prinsip-prinsip Renang

prinsip-prinsip renang

Ada bebrapa prinsip-prinsip renang menurut Tunggal yang disebutkan sebagi berikut:

  • Prinsip hambatan dan dorongan, kecepatan maju di dalam renang merupakan hasil dari dua kekuatan yaitu kekuatan yang cenderung untuk menahannya dan kekuatan yang mendorong maju yang ditimbulkan oleh gerakan tangan dan kaki.
  • Prinsip keteraturan dalam penggunaan dorongan. Penggunaan dorongan yang teratur lebih baik dan efektif dibandingkan penggunaan yang tidak teratur untuk mendorong tubuh maju.
  • Prinsip hukum aksi reaksi yang dipakai dalam pemulihan (recovery) mekanika pemulihan lengan tiga dari empat gaya renang terjadi di luar air. Memiliki pengaruh terhadap efisien serta kecepatan renang.
  • Prinsip pemindahan momentum sangatlah mudah memindahkan momentum dari suatu bagian tubuh ke tubuh yang lain. Prinsip ini digunakan dalam banyak gerakan yang kita lakukan di dalam dan di luar air.

Macam-macam Gaya Renang

Renang bukanlah hal yang seenaknya dalam berenang, namun renang juga mempnyai macam-macam gaya dalam renang. Berikut ada macam-macam renang menurut Budiningsih, antara lain sebagai berikut:

1. Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada

Renang gaya dada bisa juga disebut dengan sebutan renang gaya katak, sebab gerakannya mirip dengan katak  saat berenang di air. Renang gaya dada merupakan gaya renang dengan posisi tubuh seperti merangkak di permukaan air dikombinasikan dengan gerakan tangan dan kaki.

Tangan dan kaki berada di dalam air dan kepala bergerak naik turun dari dalam air ke permukaan air, perenang bisa melihat ke depan ketika brenang.

2. Renang Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan gerakan yang dilakukan dengan cara menelungkupkan daban yang dimana tangan dan kaki melakukan tarikan serta tendangan air. Pada gaya bebas tersebut tubuh berada pada posisi datar di atas air serta bahu agak ke belakang.

Sementara kaki berada beberapa inci di bawah permukaan air. Selian dari itu hal perlu kalian perhatikan adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata ke depan.

3. Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan gaya berenang dengan posisi punggung  menghadap ke air atau posisi terlentang. Gerakan dari gaya punggung ini sama seperti gerakan gaya bebas. Pada renang gaya pungung wajah perenang berada di atas permukaan air, mudah untuk membuka mata dan bernafas.

Selain itu pada gaya punggung ini akan sulit menentukan arah gerak disebabkan mata yang menghadap ke atas, pada gaya punggung ini kaki lebih aktif bergerak ke atas, pergelangan kaki harus tatap lemas.

4. Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang Gaya Kupu Kupu

Renang gaya kupu-kupu adalah pengembangan dari gaya dada. Gaya kupu-kupu yakni gaya berenang yang dilakukan dengan kedua lengannya secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan.

Kedua tangan membentang dan kemudian mengepak untuk mengayuh maju ke depan. Gerakan dari kedua tangan tersebut seperti gerakan sayap kupu-kupu. Untuk melakukan gaya ini diperlukan tenaga yang besar, irama serta koordinasi pergerakan yang baik. Gaya tersebut gaya yang paling sulit dibangdingkan dengan gaya yang lainnya.

Mungkin itu saja penjelasan dari pengertian renang dan sejarahnya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare dan dipelajari dengan sungguh-sungguh. Semoga bagi kalian yang belajar berenang menjadi atlit yang handal dalam berenang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *