Pengertian Sepak Bola | Sejarah, Teknik, Peraturan Mainnya [LENGKAP]

Pengertian Sepak Bola | Sejarah, Teknik, Peraturan Mainnya [LENGKAP]

Hai sobat, terima kasih telah mengunjungi web mikiroo. Apa saja yang kalian ketahui tentang sepak bola? Nah, kali ini saya akan memberi informasi yang berkaitan dengan sepak bola, apa saja itu?

Apa dari kalian sudah tau pengertian sepak bola?

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya bahan pembuatannya dari kulit dan dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim beranggota 11 orang pemain dan ada pemain cadangan.

Waktu memasuki abad ke-21, sepak bola ini telah dimainkan lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang membuat olahraga sepak bola ini paling populer di dunia.

Tujuan dari permainan sepak bola ini yaitu untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke gawang lawan. Sepak bola ini dimainkan di dalam lapangan terbuka yang bentuknya persegi panjang diatas rumput atau rumput sintetis.

Lebih umumnya cuma penjaga gawang yang boleh menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam area gawangnya, sedangkan 10 pemain lainnya diperbolehkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan.

Kembali dalam kata sepak bola, dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, kalau di Amerika Serikat olahraga ini disebut dengan Seccor. Sepak bola sendiri terdiri dari dua kata, yaitu:

  • Sepak yang artinya menendang dengan kaki.
  • Bola yang artinya sebuah alat permainan yang bentuknya bulat yang terbuat dari bahan kulit atau karet.

Membahas tentang pengertian sepak bola tadi. Ada beberapa para ahli sepak bola mempunyai pengertian tersendiri, ialah:

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Agar anda lebih memahami apa pengertian sepak bola, maka dari itu ada beberapa pendapat dalam pengertian sepak bola menurut para ahli, yakni:

Luxbacher

Menurut Luxbacher perngertian sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara 2 tim yang dimana msaing-masing tim terdiri dari 11 pemain dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Soekatamsi

Menurut pendapat Soekatamsi pengertian sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombahkan dimana setiap masing-masing regu terdiri dari 11 pemain dan termasuk penjaga gawang.

Remmy Muchtar

Menurut Remmy Muchtar pengertian dari sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

Muhajir

Menurut Muhajir pengertian dari sepak bola adalah suatu permaianan yang dilakukan dengan cara menyepak bola yang dimana tujuannya yaitu untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang tidak kemasukan bola.

Agus Salim

Pendapat Agus Salim pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola mengggunakan kaki yang bertujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu dari asosiasi sepak bola atau dari pihak lain yang berwenang.

Baca juga: Pengertian Renang

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola ini mulai dikenal sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok waktu masa pemerintahan Dinasti Han. Pada waktu itu masyrakat Tiongkok menggiring bola kulit dan menendang ke jaring kecil.

Olahraga sepak bola ini juga dimainkan di Jepang, permainan ini biasa disebut Kemari, selain itu juga populer di Yunani dan Roma. Waktu masa itu di Jepang, Roma, dan Yunani permainan ini hanya dibuat untuk bersenang-senang.

Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan sangat banyak digemari diberbagai kalangan sampai terkenal. Olahraga sepak bola ini sempat dilarang oleh Raja Edward karena dianggap mengandung kekerasan. dan akhirnya olahraga tersebut semakin dikenal masyarakat dunia.

Pada tahun 1815 begitu besar perkembangan olahraga sepak bola ini menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di kalangan unuversitas dan sekolah. Hingga akhirnya dibentuklah asisiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Kemudian sepak bola menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan ontar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Pada pertandingan Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik Dasar Sepak Bola

Dalam melakukan permainan sepak bola ini, setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan teknik dasar dalam bermainn sepak bola. Berikut ini akan ada keterangan teknik dasar sepak bola:

1. Teknik Menendang Bola

Teknik Menendang Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, teknik menendang bola merupakan faktor yang paling utama, berikut ada beberapa teknik dalam menendang bola:

  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola

Tujuan dalam teknik menghentikan bola adalah untuk menahan atau menghentikan laju bola. Berikut ini adalah teknik cara menghentikan bola:

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha.
  • Menghentikan bola dengan perut atau dada.
  • Menghentikan bola dengan kepala.

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik menggiring Bola

Menggiring bola ialah upaya yang dilakukan pemain untuk mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari hingga bola bergulir ditanah. berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola yakni:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menggiring bola dengan kaki bagian punggung kaki.
  • Menggiring bola dengan kaki secara bergiliran.

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola ialah gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan disaat bola sedang melayang di atas/udara. Tujuan dari menyundul bola adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan pemain.

Peratuan Dalam Sepak Bola

Dalam melakukan permainan sepak bola ini, ada bebrapa aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh semua pemain. Simak terus berikut ada beberapa peraturan sepak bola yang harus kalian pahami:

1. Jumlah Pemain Sepak Bola

Jumlah Pemain Sepak Bola

Dalam satu tim olahraga sepak bola ini ada 11 pemain, dimana masing0-masing pemain mempunyai posisi yang berbeda yakni 1 penjaga gawang (keeper), 4 pemian bertahan (back), 2-5 pemain tengah (midfielder), dan 1-3 pemain penyerang (striker).

Masing-masing tim mempunyai kapten yang tugasnya memimpin rekan satu timnya sehingga bisa bermain sesuai arahan. Berikut ada beberapa tugas dari masing-masing pemain sepak bola yaitu:

  • Penjaga gawang (keeper), yang bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan (back), yang bertugas untuk meghalangi lawan agar tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain tengah / gelandang (midfielder), yang bertugas mengatur permainan timnya dan membantu back dan striker, sering juga disebut dengan playmaker.
  • Pemain sayap (winger), pemain yang memiliki tugas mengendalikan permainan di area kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang (striker), pemain yang memiliki tugas untuk memasukkan bola (goal) ke gawang lawan.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola

olahraga sepak bola ini dilakukan disebuah lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan ada garis pembatas anatara bagian dalam serta bagian luar lapangan. Berikut ukuran standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa:

  • Panjang 100 – 120 meter.
  • Lebar 65 – 75 meter.
  • Lebar gawang 7,32 meter.
  • Tinggi gawang 2,44 meter.

Di area sekitar gawang terdapat area kotak pinalti, yakni area yang dimana keeper boleh menangkap bola dengan tangannya serta merupakan area tendangan pinalti saat pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

3. Durasi Permainan Sepak Bola

Durasi Permainan Sepak Bola

Menurut aturan permainan sepak bola internasional, durasi permainan pertandingan sepak bola adalah 2 x 45 menit 2 babak pertandingan. Tetapi, wasit yang memimpin pertandingan bisa memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan, yakni sekitar 1-5 menit untuk tiap babak.

Untuk pertandingan tertentu, semisal dengan sistem gugur, jika selama 2 babak pertandingan  kedua tim masih imbang maka akan diberlakukan tambahan waktu 2 x 15 menit. Jika dalam perpanjangan waktu tersebut tetap dalam keadaan imbang makan akan dilakukan adu pinalti sampai salah satu tim menang.

Mungkin itu saja pengertian dan sejarah permainan sepak bola yang bisa saya sampaikan secara singkat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ketemannya apalagi dalam keadaan ujian penjaskes.

zainal abidin

Uang Bilang Dapatkan Aku Lupakan Segalanya. Waktu Bilang Ikuti Aku Lupakan Segalanya. Masa Depan Bilang Perjuangkan Aku Lupakan Segalanya. Allah Bilang Dekati Aku Kuberikan Segalanya.

Leave a Reply